8 Kesalahan Fatal Saat Wawancara Kerja



Pada tulisan yang lalu, saya sudah membahas kiat-kiat agar interview sukses. Pada tulisan kali ini, saya akan menuliskan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh peserta interview yang dapat berakibat fatal.
Akibat fatal yang dimaksud disini tentunya adalah tidak diterimanya lamaran kerja dari pencari kerja. Kesalahan disini umumnya adalah hal-hal remeh namun seringkali tidak diperhatikan. Jadi, jika anda serius ingin diterima kerja, jangan lakukan kesalahan berikut ini.


11.       Datang Terlambat
Orang yang datang terlambat menunjukkan bahwa yang bersangkutan tidak disiplin dan tidak menghargai waktu. Perusahaan akan berpikir, interview saja sudah terlambat apalagi waktu kerja. Selain itu, datang terlambat menunjukkan orang tersebut tidak memiliki manajemen diri yang baik. 90% perusahaan akan memutuskan bahwa orang yang bersangkutan akan langsung ditolak.

22.       Salah Penampilan
Yang dimaksud salah penampilan disini misalnya pakaian tidak rapi/kusut, dandan terlalu seksi, dan make-up yang berlebihan. Untuk masalah penampilan ini yang penting adalah kenyamanan pakaian saat dipakai, sehingga tidak mengganggu saat terjadi proses wawancara.

33.       Tidak Tahu Profil Perusahaan
Kesalahan ini fatal sekali karena akan membuat pewawancara jengkel. Misalnya ketika ditanya, “Anda tahu perusahaan ini bergerak di bidang apa?”. Jangan sampai anda menggeleng tidak tahu. Makanya, sisihkan waktu sebelum Hari H  wawancara untuk mencari informasi tentang perusahaan bersangkutan lewat internet atau yang lain. Semakin detail kita tahu, semakin baik.

44.       Lupa Mematikan Ponsel
Ini kebiasaan buruk banyak orang dan akan mengganggu proses wawancara. Ketika terjadi tentu anda akan kerepotan untuk mematikan ponsel. Apalagi jika nada deringnya aneh di telinga atau nyentrik, pewawancara bisa menilai kepribadian anda dari situ.

55.       Sok Tahu
Orang yang sok tahu tidak disukai oleh pewawancara, karena dianggap tidak mau mendengarkan orang lain. Perusahaan biasanya menginginkan orang yang bisa bekerja sama dalam tim, bukan orang yang individualis.

66.       Overconfident
Orang yang over PD (Percaya Diri) juga biasanya tidak diinginkan oleh perusahaan. Perusahaan tidak mau menanggung resiko jika orang yang over PD ini bekerja dan berbuat kesalahan bagi perusahaan.

77.       Menceritakan Kejelekan Perusahaan Lama
Ini perkara sensitif. Orang yang menceritakan kejelekan perusahaan lama dianggap tidak etis dan tidak respek pada atasan. Pewawancara akan menganggap bahwa jika orang ini dipekerjakan dan akhirnya nanti keluar akan melakukan hal yang sama terhadap perusahaan ini.

88.       Jawaban Ragu-ragu
Jawaban ragu-ragu menggambarkan kepribadian yang ragu-ragu pula. Karena itu latihlah jawaban-jawaban anda agar jelas, tegas dan tidak ragu-ragu. Hindari penggunaan kata-kata “mungkin”, “kira-kira” dan “sepertinya”.
 Jangan mengatakan, “Sepertinya saya bisa mengerjakan tugas itu”,
tapi katakan,  “Saya bisa mengerjakan tugas itu”.

Nah itu tadi kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan oleh calon karyawan saat interview. Semoga bisa dihindari dan semoga sukses.

1 comments:

  1. sarapan dulu sebelum datang interview biar lebih fokus dan konsen :)

    Lowongan Kerja Terbaru

    ReplyDelete